Health

Omicron naik 2x Lipat, Ahli sarankan jenis masker ini



Kasus omicron di Jakarta sendiri sudah naik menjadi 271 orang dengan kasus aktif tembus sebanyak 1.593 kasus. Varian omicron dapat mudah menular dengan angka infeksi varian Covid-19 yang masih tinggi. Cara terbaik untuk mengurangi penularan adalah dengan penggunaan masker yang tepat dalam mencegah tertular omicron.


Berikut jenis masker yang disarankan oleh para ahli dalam mengurangi penularan Covid-19 omicron :


1. Masker KN95


Masker KN95 dapat menyaring sampai 95% partikel aerosol. Masker ini biasa digunakan oleh masyarakat umum dengan lingkungan yang memiliki risiko penularan rendah-sedang. Tingkat perlindungan dalam masker KN95 lebih protektik dan praktis dibandingkan penggunaan masker kain tiga lapis. Desain masker yang dibuat mirip tenda memberikan celah kantong udara antara hidung dan masker.


2. Masker KF94


Untuk Masker KF94 dapat menyaring aerosol sampai 94% dengan ukuran partikel hingga 0.3 mikron. Penggunaan masker KF94 ini biasanya pada masyarakat umum. Keunggulan masker ini memiliki pengait telinga, kawat di atas tulang hidung, dan desain bagian samping masker lebih rapat. Masker KF94 ini juga memiliki tingkat modis yang lebih tinggi serta tidak langsung menempel pada wajah bagian dalam.


3. Masker N95


Masker N95 dapat menyaring dan menangkap 95% partikel 0,3 mikron kecil yang ada dalam udara. Penangkalan oleh masker N95 dapat menyaring tetesan yang dihasilkan Ketika berbicara,batuk, atau bersin. Sehingga, sangat efektif dalam menyaring kuman serta bakteri.
Keunggulan lainnya, masker N95 memiliki gaya yang lebih modis karena desain yang lebih pas pada wajah dan leher. Hal ini dapat memastikan tidak adanya kebocoran tetesan atau partikel pada masker.


4. Masker FFP2


Masker dengan jenis FFP2 biasanya digunakan untuk perawatan lansia. Masker ini memiliki standar internasional setara dengan masker N95 dan KN95. Perlindungan dalam masker ini tergantung virus dan pemakainya. Staf medis yang menggunakan masker ini tidak boleh bersentuhan dengan pasien karena dapat sangat menular. Keunggulan masker FFP2 dapat memberikan perlindungan yang lebih baik daripada masker kain jika digunakan dengan benar.

Virus Covid-19 akan terus bermutasi menjadi varian baru sehingga perlu ada penangkalan yang efektif. Perlindungan diri paling mudah dapat dilakukan melalui pemilihan masker yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *